- Tunjukkan semua alasan yang saudara ketahui, mengapa seorang konselor perlu memahami karakteristik individu yang dibimbingnya?
- Tunjukkan pula semua alasan mengapa seseorang konselor perlu memahami dan terampil menggunakan bermacam-macam teknik?
- Tuliskan semua manfaat memahami konselor bila ia terampil menggunakan bermacam-macam teknik asesmen !
- Tuliskan pula bahayanya jika konselor tidak bisa memahami konseli yang dilayaninya !
- Tuliskan pengertian daftar cek masalah dengan kalimat saudara sendiri
- Jelaskan untuk apa biasanya daftar cek digunakan dalam kegiatan bimbingan dan konseling
- Jelaskan kelebihan penggunaan daftar cek dibanding dengan interview
- Tunjukkan alas an saudara, mengapa dalam analisis daftar cek bukan sekedar melihat kuantitas masalah yang dihadapi siswa, tetapi perlu memahami intensitas masalah
- Buatlah rumusan dengan kalimat saudara sendiri, apa yang dimaksud dengan sosiometri
- Jelaskan apa kegunaan sosiometri dalam bimbingan dan konseling
- Jelaskan dari mana saudara bisa mengetahui bahwa seorang siswa terasing di kelasnya jika saudar melihat data sosiogram.
- Mengapa interviu memerlukan waktu yang lebih lama? Jelaskan!
- Dalam kegiatan konseling interviu merupakan metode yang utama, Beri penjelasan secukupnya!
- Dalam menyusun panduan interviu, hal apa yang harus dikuasai oleh interviuer?
- Jelaskan pengertian bimbingan dan konseling kelompok yang menyebutkan pada unsur-unsur pokoknya.
- Berikan penjelasan tentang perbandingan antara bimbingan kelompok, konseling kelompok, dan psikoterapi kelompok ditinjau dari , fungsi, anggota, suasana interaksi, dan jumlah anggota.
- Jelaskan tujuan umum dan tujuan khusus konseling kelompok.
- Berikan ilustrasi kekuatan konseling kelompok bila dibandingkan dengan konseling individual.
- Sebut dan jelaskan tiga bentuk pengumpulan orang-orang secara ringkas.
- Jelaskan faktor-faktor yang dapat mewujudkan suatu kelompok.
- Jelaskan peran anggota kelompok dalam bimbingan kelompok.
- Kemantapan, kekompakan kelompok tergantung pada beberapa hal. Jelaskan.
- Sebutkan tahapan –tahapan dalam bimbingan dan konseling kelompok dan tujuannya masing-masing.
- Bilamanakah pemimpin kelompok diharapkan dapat tampil sebagai contoh dalam tahap pembentukan .?
- Apa ciri khas tahap peralihan?
- Kemukakan perbedaan yang prinsip dalam tahapan bimbingan kelompok dan konseling kelompok.
Sumber
SOAL UJI KOMPETENSI GURU BK
4/
5
Oleh
Admin