MARTABAT KONSELOR SEKOLAH

Konseling sebagai bagian integral dari sistem pendidikan di sekolah memiliki peran strategis berkait pemenuhan fungsi dan tujuan pendidikan, serta meningkatkan kualitas. Pendidik bisa ’’memanfaatkan’’ sebagai mitra kerja mengingat konseling menyediakan unsur-unsur yang bisa membantu, mengembangkan, dan mengoptimalkan kemampuan individu dengan berbasis kemandirian.

Di Indonesia, posisi mapel Bimbingan dan Konseling (BK) sudah dikembangkan dengan baik oleh anggota organisasi profesi dan pakar konseling.

Mereka diwadahi dalam Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (Abkin), termasuk cabang di Jateng. Bahkan posisi guru atau tenaga BK dintegrasikan dalam pendidikan, sebagaimana amanat undang-undang yang menyatakan konselor adalah pendidik profesional, sebagaimana guru dan dosen.

Dengan kedudukan itu, konselor pemegang profesi konseling dituntut sepenuhnya bekerja untuk bisa mengantarkan peserta didik mencapai tujuan pendidikan nasional melalui berbagai jalur, jenjang, dan jenis.
Perkembangan konseling secara menyeluruh (Gladding: 2012, terjemahan) adalah sebagai profesi dinamis, selalu berkembang, dan menyenangkan/ Dalam dunia pendidikan di Indonesia, termasuk di Jateng, pelayanan bimbingan dan konseling secara terusmenerus menjadi bagian yang terintegrasi dalam program pendidikan. Selain itu, mewujud dalam implementasi kurikulum satuan pendidikan, sejak tahun 1975, 1984, 1994, 2006 hingga Kurikulum 2013.

Masyarakat memahami bahwa berbagai persoalan mendasar dan kompleks yang melingkupi kehidupan bisa menyebabkan terjadinya krisis moral, sosial, etika dan hukum. Realitas itu menuntut peran konselor dapat memberikan layanan konseling secara optimal. Konselor bisa membantu klien (client, konseli) menentukan pilihan, membuat keputusan secara bijak, dan menyelesaikan masalah terkait dengan upaya mewujudkan cita-cita.

Hubungan terapeutik antara konselor dan klien seyogianya menggambarkan kejernihan dan keiklasan jiwa dan hati dari kedua belah pihak. Pencapaian keberhasilan proses konseling, membutuhkan penguasaan terhadap teori dan teknik konseling. Namun jiwa konselor (spirit of counselor) jauh lebih penting ketimbang teori dan praktik.
Tidak dapat dimungkiri, menjadi konselor profesional memerlukan proses panjang, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pelayanan BK memberikan kesempatan kepada individu untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam kehidupan efektif sehari-hari, sesuai dengan karakter, potensi, bakat, minat, kondisi dan perkembangan individu.
Memiliki Mandat
Berkait tujuan itu, peran konselor, baik dalam lingkup pendidikan maupun di luar pendidikan, sangat dibutuhkan. Tak bisa dihindari pada tahapan itu butuh kehadiran konselor yang bermartabat (dignified counselor), yakni sosok yang bisa tampil dengan kewibawaan atas kepakaran keilmuan serta layanan yang otonom dan akuntabel.

Konselor harus bisa memfasilitasi perkembangan klien, termasuk diharapkan mengetahui apa yang terbaik bagi kliennya dalam konteks kebaikan dan kebenaran universal martabat manusia. Pemartabatan profesi itu perlu didukung oleh pelayanan yang berguna bagi kemaslahatan manusia.

Secara formal, pelaksana kegiatan itu harus mengantongi mandat, ditandai dengan adanya ijazah, sertifikat, dan lisensi yang menunjukkan arah standardisasi kualifikasi akademik dan kompetensi. Hal itu supaya pelayanan yang diberikan mendapat pengakuan dari pemerintah dan masyakarat.

Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (Abkin) sebagai organisasi profesi, mempunyai Garis-garis Besar Program Kerja Nasional (GBPKN). Pranata itu tercantum dalam AD/ARThasil amendemen Kongres XII di Denpasar 2013. Abkin Jateng mempunyai kekuatan strategis untuk bekerja sama dengan Pemprov Jateng dan pemkab/pemkot, dalam mewujudkan program pemerintah berkait Sisdiknas. 


Drs Tri Leksono Ph SKom MPd Kons,
mahasiswa S-3 Bimbingan dan Konseling (BK) Pascasarjana Unnes, Kepala Prodi BK IKIP Veteran Semarang, Sekjen PB Abkin.

Suaramerdeka.com

Artikel Terkait

MARTABAT KONSELOR SEKOLAH
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email