OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI DI SEKOLAH

Berbicarakan tentang pendidikan maka tidak terlepas dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Baik ilmu pengetahuan dan teknologi mengenai pendidikan serta pengetahuan dan tekonologi lainnya.
Dalam pelaksanaan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah sudah barang tentu akan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus akan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Untuk pencapaian tujuan sekolah maka sekolah sudah seharusnya menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan keadaan sekolah, dari yang canggih sampai yang sederhana dan tepat guna.
Misalnya dalam proses pembelajaran dapat digunakan sarana Multi Media yaitu dari buku cetak hingga internet, alat peraga yang lebih mutakhir, alat bantu yang moderen (mikroskop biasa, mikroskop electron), komputerisasi seluruh data yang ada di sekolah hingga mempermudah mengelola sekolah.
BELAJAR DENGAN INTERNET
Belajar melalui Internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharing dan mailing list. Virtual School merupakan sebuah aplikasi baru bagi Internet. Virtual schooly memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak.
Namun diharapkan di masa depan Virtual School ini dapat menggunakan teknologi yang lebih handal semisal Video Streaming yang dimasa mendatang akan dihadirkan oleh ISP lokal, sehingga tercipta suatu sistem belajar mengajar yang efektif yang diimpi-impikan oleh setiap ahli IT di dunia Pendidikan.
Dibalik semua pemaparan diatas, Idealnya, suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut :
(1) Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance learning
(2) Interaksi dalam grup; Para siswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan guru.
(3) Sistem administrasi siswa; dimana para siswa dapat melihat informasi mengenai status siswa, prestasi siswa dan sebagainya.
(4) Pendalaman materi dan ujian; hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning.
(5) Perpustakaan digital
(6) Materi online diluar materi pembelajaran
(7) Konseling online atau melalui web khusus konseling sehingga kerahasiaan terjamin.
KESIMPULAN
Keuntungan Menggunakan E-learning di Sekolah
Keuntungan menggunakan e-Learning diantaranya adalah sebagai berikut:
• Menghemat waktu proses belajar mengajar
• Mengurangi biaya perjalanan
• Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan)
• Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
• Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
• Memperkenalkan teknologi informasi kepada siswa

Artikel Terkait

OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI DI SEKOLAH
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email