Milis BK, nasibmu....

Salah satu agenda saya ketika berselancar di dunia maya adalah melakukan searching atas sua topik tertentu, melalui engine search google maupun yahoo.
Sampai sekitar setengah tahun lalu, saat saya jelajahi hasil pencarian dari kata “bimbingan dan konseling” maupun “bimbingan dan penyuluhan” di kedua situs tersebut, tidak banyak informasi baru dari pencarian sebelumnya. Ini bisa diartikan tidak banyak perubahan – hal-hal yang baru - terjadi dalam dunia bimbingan konseling kita, karena pada era sekarang apa yang terjadi di muka bumi ini, updated-nya bisa ditemukan di internet.
Terakhir kali, dua hari lewat, saya coba searching di milis Yahoo maupun Google, untuk mengetahui apakah ada milis tentang BK. Hasilnya, ada belasan milis yang berkaitan dengan BK. Saya telusuri satu persatu, ada beraneka pemilik milis. Ada yang dibuat konselor sebagai media komunikasi dengan siswanya, ada yang diprakarsai mahasiswa BK, ada yang berupa milis alumni BK. Dilihat dari membernya, ada yang bahkan mencapai 120 orang (wah hebat, pikir saya), ada yang jumlahnya dalam hitungan jari, dan ada yang cuma satu orang, ya pemilik milisnya itu sendiri.
Satu hal yang menyamakan milis-milis tersebut, hampir semua milis yang dibuat orang BK itu minim aktivitasnya. Malah sebuah milis yang dibuat sebagai wadah para konselor di ibukota, yang resminya memiliki 153 members, tapi faktanya tak ada aktivitasnya. Artinya, walaupun banyak anggotanya, tidak menjamin sebuah milis bisa hidup dan berkembang kalau tidak ada yang melakukan posting.
Diantara milis yang aktif, ada 1 yang menarik. Yaitu milis Ikatan Alumni BK Universitas Atmajaya yang beralamat di alumni-ppb-fkip-bk-atma-jaya-jkt@googlegroups.com
Yang terakhir ini, boleh diacungi jempol. Benar-benar berkembang seperti bisa dilihat dari aktivitas postingannya yang mencapai 519 messages.
Bagaimana dengan kita?
Tahu sendiri nasib blog tercinta (?) ini. Hidup enggan mati tak mau. Apa mau bikin milis? Siapa jamin nasibnya tidak miwon (sami mawon) dengan Ikabela?
Dari segi praktisnya sih, lebih simple blog. Asal ada kolom komentar atau buku tamunya, siapa pun bisa partisipasi. Kalau milis, harus punya email dan register dulu untuk join.
Tapi ya terserah kalau ada yang coba bikin milis BK UNS.
Siapa tahu angkatan lain berminat memulai.
Ayo!
Diam itu tidak selalu berarti emas lo!

Artikel Terkait

Milis BK, nasibmu....
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email