MENELISIK KENAIKAN PANGKAT GURU DARI IV/A S.D IV/E

Tingkat kenaikan jabatan fungsional guru ke IV/b sangat rendah, rata-rata 1% sampai 2% saja, disinyalir penyebabnya keengganan guru membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), lebih ekstrim lagi guru gol.IV/a banyak yang tidak mampu membuat PTK ?
Pertanyaanya apakah betul banyak guru yang tidak mampu membuat PTK ? ini hal yang mutahil ! nah kalok begitu kenapa banyak guru enggan membuat PTK yang terkait dengan kenaikan pangkat ke IV/b ? Penyebabnya adalah biaya yang dikeluarkan untuk naik ke IV/b tidak seimbang dengan hasil yang didapat dari kenaikan pangkat tersebut.

Dalam hitung-hitungan, untuk breakevenpoint (kembali modal) membutuhkan waktu 2 tahun 5 bulan, dalam kebanyakan pengurusan kenaikan pangkat ke IV/b membutuhkan biaya 3 juta rp sampai dengan 4,5 juta rp ( ini sudah menjadi rahasia umum ) sedangkan kenaikan jagi pokok dari IV/a ke IV/b hanya 102.800 untuk masa kerja 18 tahun 3.000.000/102.800 = 29,18287938 bulan baru bisa pulang modal,(lihat tabel jagi poko PNS tahun 2009 ) selanjutnya naik lagi ke IV/c biaya lagi dan seterus sampai ke IV/e biayanya semakin besar.

Dari gambaran di atas jelas banyak guru yang malas untuk naik pangkat sampai ke IV/e, paling tinggi ya itu IV/a, bukan tidak dapat membuat PTK, karena PTK juga dapat ditolak oleh tim penilai, PTK yang baik biasanya yang sesuai dengan selera tim penilai, disini guru diharuskan (kalau tidak dapat dikatakan dipaksa )konsultasi dengan tim penilai yang kadang kala membutuhkan waktu, tenaga pikiran dan biaya yang cukup banyak, apalagi tim penilai merupakan sindikat pengurusan kenaikan pangkat dalam artian tidak transparan. Yang pasti untuk ngurus kenaikan pangkat ke IV/b guru banyak meninggalkan tugas pokoknya sebagai pengajar dan pendidik

Apa Kontribusi Pangkat Tinggi untuk Seorang Guru

Di dalam masyarakat tidak terekspresikan
Kenaikan penghasilan tidak signifikan
Tingkat profesional seorang guru tidak diukur dari tingginya pangkat ( apalagi PTK di buatkan oleh tim penilai )

Jadi jelas mengapa banyak guru malas ngurus kenaikan pangkat dari IV/a ke IV/b ?!
Kata kebanyakan gak cucok. S1 bila diterima PNS jagi pokoknya Rp 1.655.800,- dengan pengalaman kerja 0 tahun, sedangkan buat PTK sulitnya hampir sama dengan buat skripsi S1 hanya dihargai Rp 102.800,- untuk masa kerja 18 tahun, nah kan opo tumon.
(kontributor kalirejo lpg )

Artikel Terkait

MENELISIK KENAIKAN PANGKAT GURU DARI IV/A S.D IV/E
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email