KONSEP DIRI & BUDAYA KERJA


Resume hasil Penelitian dengan judul
PENGARUH KONSEP DIRI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU PEMBIMBING SLTP SE KABUPATEN PEKALONGAN
1. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui :
a. Pengaruh konsep diri terhadap kinerja Guru Pembimbing.
b. Pengaruh budaya kerja terhadap kinerja Guru Pembimbing.
c. Pengaruh konsep diri dan budaya kerja terhadap kinerja Guru Pembimbing.
2. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif dengan rancangan penelitian korelasional.
3. Populasi penelitian ini adalah semua Guru Pembimbing SLTP se Kabupaten Pekalongan
4. Teknik Penjaringan data yang utama dalam penelitian ini digunakan metode angket.
5. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup yaitu angket yang menghendaki jawaban pendek, dan tertentu yang telah disediakan oleh peneliti dengan cara memberikan tanda-tanda pada alternatif jawaban yang dipilihnya.
6. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan 2 (dua) teknik analisis statistik, yaitu :
a. Analisis Bivariat
b. Analisis Multivariat
7. Untuk proses pengolahan data baik analisis deskripsi dan pengujian Hipotesis menggunakan program komputer SPSS versi 11.0 for Windows 2000.
8. Hasil Penelitian :
a. Deskripsi Populasi
∑ populasi = 49 ----- 45
tingkat pendidikan, masa kerja, status pegawai,
b. Analisis Deskripsi
1) Konsep Diri dan Budaya Kerja --- TINGGI, KINERJA – SEDANG
2) KD, BK, KINERJA GP SLTP N LEBIH TINGGI
c. UJI PERSYARATAN ANALISIS
1) UJI NORMALITAS : p > 0,05
2) UJI LINIERITAS : Freg > F table
3) UJI HOMOGENITAS : ls > 0,05
d. HASIL PENGUJIAN HIPOTESIS
1) KD TERHADAP KINERJA
KOEF. REGRESI : Y = -3,562 + 1,265X
p = 0,00 < a = 0,05; R2 = 0,734 ; thit > ttabel
2) BUDKER TERHADAP KINERJA
KOEF. REGRESI : Y = -11,079 + 1,365X
p = 0,00 < a = 0,05; R2 = 0,744 ; thit > ttabel
3) KD DAN BUDKER TERHADAP KINERJA
KOEF. REGRESI : Y = -0,409 + 0,471X1 + 0,550X2
p = 0,00 < a = 0,05; R2 = 0,744 ; thit > ttabel
e. HASIL PERHITUNGAN SE DAN SR
1) SE KD THD KINERJA = 38,21 %
2) SE BUDKER THD KINERJA = 41,97 %
3) SE KD DAN BUDKER THD KINERJA = 80,18 %
4) SR KD THD KINERJA = 47,66 %
5) SR BUDKER THD KINERJA = 52,34 %
f. HASIL PERHITUNGAN KORELASI PARSIAL
1) BILA BUDAYA KERJA GP SAMA, MAKA KORELASI ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KINERJA GP = 0,4741 SIGNIFIKAN PADA TARAF 5 % DAN KOEFISIEN 1 %
2) BILA KONSEP DIRI GP SAMA, MAKA KORELASI ANTARA BUDAYA KERJA DENGAN KINERJA GP = 0,5062 SIGNIFIKAN PADA TARAF 5 % DAN KOEFISIEN 1 %
9. Berdasarkan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis, maka penelitian ini menarik kesimpulan sebagai berikut :
  1. Kualitas konsep diri Guru Pembimbing ( 66,66 % ) dan Budaya Kerja Guru Pembimbing ( 55,55 % ) termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan Kinerja Guru Pembimbing ( 80 % ) termasuk dalam kategori sedang.
  2. Prosentase kualitas pada kategori tinggi dari urut-urutan yang paling tinggi terdapat pada variabel : Konsep diri Guru Pembimbing, Budaya kerja Guru Pembimbing dan terendah tingkat Kinerja Guru Pembimbing. Sedangkan prosentase kualitas sedang dari urut-urutan yang paling tinggi adalah : Kinerja Guru Pembimbing, Budaya kerja Guru Pembimbing dan terendah tingkat budaya kerja Guru Pembimbing.
  3. Konsep diri Guru Pembimbing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja Guru Pembimbing karena t-hit (10,879) t-tabel (1,68) pada taraf signifikansi 5 %.
  4. Budaya kerja Guru Pembimbing juga mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kinerja Guru Pembimbing, karena t-hit (11,189) t-tab (1,68).
  5. Secara bersama-sama konsep diri dan budaya kerja Guru Pembimbing mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kinerja Guru Pembimbing, karena berdasarkan perhitungan diperoleh F hitung (84,963) lebih besar F table pada taraf signifikansi 5 % = 3,22. Berdasarkan hasil perhitungan regresi Ganda dari dua prediktor terhadap kriterium menunjukkan bahwa kontribusi Budaya kerja (48,6 %) lebih tinggi sedikit daripada konsep diri (44,6 %). Dengan demikian kedua prediktor tersebut mempunyai pengaruh yang sangat berarti terhadap kinerja Guru Pembimbing.
10. IMPLIKASI
Berdasarkan kesimpulan dari hasil analisis di atas, dapat diketahui, bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Adapun implikasi dari hasil pengujian hipotesis sebagaimana disimpulkan di atas maka dapat dikemukakan sebagai berikut :
  1. Ditemukannya pengaruh positif konsep diri terhadap kinerja Guru Pembimbing, memberikan masukan kepada pengambil kebijakan khususnya Perguruan Tinggi tempat pendidikan Calon Guru Pembimbing, bahwa salah satu faktor untuk meningkatkan mutu kinerja Guru Pembimbing di sekolah adalah konsep diri, untuk itu dibutuhkan peningkatan muatan kurikulum di Perguruan Tinggi kaitannya dengan materi perkuliahan yang berhubungan dengan konsep diri, misalnya Pengembangan Profesi, Pemahaman diri/Pemahaman Individu Guru Pembimbing. Sedangkan untuk pihak sekolah agar memberi pembinaan kepada Guru Pembimbing kaitannya dengan peningkatan profesionalisme Guru Pembimbing.
  2. Ditemukannya pengaruh yang positip antara budaya kerja dengan kinerja Guru Pembimbing, memberi masukan kepada kepala sekolah untuk memberi contoh dan mensosialisasikan budayakan kerja yang positip kepada semua Guru dan karyawan di sekolahnya. Sehingga semua pegawai yang ada di lingkungan sekolah akan mempunyai budaya kerja yang positip yang pada akhirnya akan menaikkan mutu kinerja pegawai baik Guru maupun karyawan.
  3. Ditemukannya secarabersama-sama pengaruh konsep diri dan budaya kerja Guru Pembimbing terhadap kinerja Guru Pembimbing memberi masukan kepada sekolah khususnya Guru Pembimbing bahwa seorang Guru Pembimbing harus mempunyai konsep diri yang positip termasuk didalamnya keyakinan yang positip terhadap profesinya, rasa percaya diri yang tinggi serta hubungannya dengan siswa asuhnya, disisi lain seorang Guru Pembimbing harus mempunyai budaya kerja yang positip pula, karena dengan budaya kerja yang positip, seorang guru pembimbing akan mempunyai produktifitas dan kualitas kerja yang tinggi yang pada akhirnya apabila Guru Pembimbing mempunyai konsep diri yang positip ditunjang dalam kehidupan kesehariannya mempunyai dan menerapkan budaya kerja yang positip, akan meningkatkan mutu kinerja Guru Pembimbing.
11. Detail Penelitian ini sangat bagus untuk di telaah lebih lanjut.
Bapak/Ibu/Saudara tertarik dengan hasil penelitian ini ?
Silahkan hubungi kami Rissa Sumarstyanto, Pengawas SMA dan Sekretaris ABKIN Kabupaten Pekalongan di 081931805768 atau 02857953622

Artikel Terkait

KONSEP DIRI & BUDAYA KERJA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email