Try Out Unas Jeblok, Siapa Salah?

Sekitar 80% peserta try out Unas mendapat nilai jauh di bawah angka standar kelulusan! Demikian hasil try out Unas yang diikuti 3000 siswa SMP dan SMA dari 13 sekolah di Surabaya, yang diselenggarakan oleh Primagama, 18 November lalu.
Untuk tingkat SMP, sebagian besar siswa mendapat nilai 3 pada mapel (mata pelajaran)matematika. Untuk mapel IPA (Fisika dan Biologi) sekitar 80% siswa mendapat nilai 3,5. Hasil yang sama berlaku untuk siswa SMA. Untuk mapel matematika dan fisika nilai yang dicapai dari hasil try out siswa SMA berkisar antara 3-3,5.
Padahal, sesuai Permendiknas No. 34 tahun 2007, syarat kelulusan Unas adalah nilai rata-rata minimal seluruh mapel yang diujikan adalah 5,25 dengan catatan tidak ada angka di bawah 4,25. Nilai 4 pada salah satu mapel diperbolehkan, tapi mapel lain harus mendapat nilai minimal 6 (Radar Banyuwangi, 26-11-2007, h. 33).
Merujuk hasil try out tersebut, tentu banyak siswa yang tidak lulus Unas. Padahal waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi Unas tinggal 6 bulan lagi.
Mau tidak mau, suka tidak suka, Unas harus dihadapi. Jadi, bagaimana dengan kesiapan siswa-siswi anda? (Tono S)





Artikel Terkait

Try Out Unas Jeblok, Siapa Salah?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email